Perpanjangan pajak kendaraan bermotor

FOTO-BPKB

Baru – baru ini gw memberanikan diri untuk mengurus perpanjangan pajak sendiri, secara lokasi samsat BSD deket dengan rumah dan ga mau bayar lebih untuk calo/agen. Yes… hanya berbekal dengan pengetahuan dan pengalaman pas – pasan hari Sabtu meluncur ke lokasi ternyata sudah tutup dan hanya buka setengah hari, untung sempet ketemu mas penjaga loket dan mulai-lah mengeluarkan pertanyaan yang menjurus kepada syarat – syarat apa yang di perlukan dan sebagai-nya. Kemudian dengan bekal tersebut saat-nya mengumpulkan syarat – syaratnya terlebih dahulu yaitu KTP asli, STNK asli, surat pengantar leasing (masih ngredit soalnya :D) atau BPKB asli kalau belinya cash.

12-jam-buka_samsat_bsd

Setelah syarat – syarat lengkap minggu depan-nya lagi langsung meluncur ke TKP dan termasuk lumayan sepi untuk sebuah samsat atau memang gw yang kepagian :), kemudian tanpa banyak ba bi bu gw langsung membeli map dan mem-fotokopi dokumen – dokumen tersebut lalu menyerahkan dokumen – dokumen yang diperlukan, ga berselang beberapa lama nama gw dipanggil dan waktunya mengurus pembayaran PKB dan denda 20 hari :(. 15 menit kemudian STNK gw sudah jadi… cepat, mudah dan murah bukan?? daripada mengurus via agen kita jadi ga tau proses dan prosedurnya bagaimana, tapi memang untuk orang – orang yang ga ada waktu dan jauh dari kantor samsat solusi satu – satunya ya memakai jasa calo / agen tapi ya itu jatuhnya lebih mahal.

calo

Jadi saran gw kalau bisa jangan memakai jasa calo / agen, karena setelah gw jalanin sendiri ternyata sangat mudah sekali dan jangan takut akan dipersulit karena terus terang POLRI dan jajarannya sudah melakukan perombakan besar – besaran, contohnya dengan adanya sistem perpanjangan via drive tru dan samsat / sim keliling yang semakin memudahkan kita. Jadi mari kita dukung program tersebut dan jangan menggantungkan diri kepada calo / agen :).

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d